Google analytics: channels, source, medium


Istilah channels, source, dan medium selalu muncul di GA [baca: google analytics]. Sudah paham mengenai ketiganya?

Supaya tidak gamang, saya beritahu terlebih dulu. Di artikel ini, kita akan mempelajari:

  • Apa yang dimaksud traffic source dan medium?
  • Apa yang dimaksud channel pada konteks Google analytics?
  • Jenis channel: default dan custom
  • Bagaimana GA mendefinisikan: organic search traffic, paid search traffic, direct traffic, email traffic, dan seterusnya.
  • Bagaimana cara membuat generic, branded, dan unknown paid search channels?
  • Bagaimana cara membuat generic, branded, dan unknown organic search channels?

Google, sebenarnya, telah menyediakan berbagai laporan acquisition di dashboard GA.

Menu pada dashboard GA untuk mellihat acquisition report

Meski secara sekilas sudah tahu maksud report-report tersebut, kita tetap saja perlu memahami channels traffic tersebut dan bagaimana GA mendefinisikannya.

Akibat misinformasi terkait kedua hal di atas akan mengakibatkan ketidakakuratan analisa online marketing. So, mari kita bahas satu-persatu tentang channels, source, medium pada GA.


Apa makna Source di GA?

Source (atau traffic source) merupakan asal traffic website. Umumnya, source traffic ini di-tracking menggunakan parameter utm_source. Misalnya:

  • google / organic, maka google adalah traffic source website
  • bing / cpc, maka bing adalah traffic source website
  • tripadvisor / referral, maka tripadvisor adalah traffic source website
Perlu kita ketahui: pada GA, penulisan nama "source" sangat sensistif. Penamaan "google", "Google", "GOOGLE", meski bermakna sama (menurut kita) akan dimaknai berbeda oleh GA. Oleh sebab itu, kita perlu memerhatikan cara kita memberi penamaan pada Source.

Apa definisi Medium pada GA?

Medium atau traffic medium merupakan kategorisasi traffic source website kita. Medium akan dimonitoring oleh GA melalui parameter utm_medium. Contohnya:

  • google / organic, maka organic merupakan medium-nya.
  • bing / cpc, maka cpc merupakan medium-nya.
  • tripadvisor / referral, maka organic merupakan medium-nya.
Catatan: sama halnya dengan source, penulisan nama pada medium sangat sensitif. Nama "email", "Email", "EMAIL", meski bermakna sama (menurut kita) akan dimaknai berbeda oleh GA. Oleh sebab itu, kita perlu memerhatikan cara kita memberi penamaan pada Medium.

Apa itu channel menurut GA?

Channel atau biasa dikenal marketing channel merupakan grup yang terdiri dari beberapa sumber traffic dengan medium yang sama. Contoh marketing channel yaitu

Contoh marketing channel di GA

Penjelasan mengenai bagian ini sudah saya post di artikel berjudul: setting channel grouping di google analytics.


Apa arti campaign di GA?

Campaign merupakan nama iklan Google Adwords atau custom campaign.

Sebagai informasi, custom campaign merupakan marketing campaign yang ditandai dengan menggunakan campaign tracking parameter berupa utm_campaign.


Apa itu Generic, Branded, dan Unknown organic search channel?

Mari kita definisikan satu-persatu:

  1. Generic organic search channel merupakan pelaporan lalu lintas ke website melalui mesin pencari yang berasal dari kata kunci tidak bermerek atau non-branded (juga dikenal sebagai kata kunci umum).
  2. Branded organic search channel merupakan pelaporan lalu lintas ke website melalui mesin pencari yang berasal dari kata kunci bermerek (istilah pencarian yang menyertakan nama merek bisnis kita, misal: gtagjs).
  3. Unknown organic search channel merupakan pelaporan lalu lintas ke website melalui mesin pencari yang berasal dari kata kunci yang tidak memiliki referral data. Penjelasan mengani hal ini akan saya bahas di artikel selanjutnya.

Adapun cara pengaturan Generic, Branded, dan Unknown organic search channel di GA yaitu

> Buka Admin
> Channel settings
> Channel grouping
> Default channel grouping
> Define new channel
> Input nama: generic, branded, unknown (masing-masing nama perlu membuat define new channel baru)
> Pilih opsi sesuai nama --> Lihat screenshot untuk lebih jelas.
> Klik "And"
> Pilih opsi sesuai nama (lagi) --> Lihat screenshot untuk lebih jelas
> Klik "Done"
> Lakukan hal ini sebanyak 3 kali --> Lihat screenshot untuk lebih jelas
> Apabila sudah selesai, klik Save

Mari praktikkan:

Pengaturan organic search channel
Pengaturan organic search channel
Branded: pengaturan organic search channel
Branded: pengaturan organic search channel
Buat define a new channel baru
Generic: pengaturan organic search channel
Generic: pengaturan organic search channel
Buat define new channel baru
Unknown: pengaturan organic search channel
Unknown: pengaturan organic search channel

Apa itu Generic, Branded, dan Unknown paid search channel?

Sebelum masuk ke tahap praktik, kita definisikan 3 istilah ini:

  1. Generic paid search channel ialah pelaporan lalu lintas ke website melalui mesin pencari yang berasal dari kata kunci tidak bermerek (juga dikenal sebagai kata kunci umum). Strategi ini dipilih agar mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kinerja kata kunci pencarian umum dalam hal mengarahkan traffic dan sales ke website.
  2. Branded paid search channel merupakan pelaporan lalu lintas ke website melalui mesin pencari yang berasal dari kata kunci bermerek (istilah pencarian yang menyertakan nama merek bisnis kita, misal: gtagjs). Manfaatnya, kita memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang kinerja kata kunci penelusuran bermerek dalam hal mengarahkan traffic dan sales ke website.
  3. Unkown paid search channel adalah pelaporan lalu lintas ke website melalui mesin pencari yang berasal dari kata kunci yang tidak memiliki referral data (Penjelasan mengani hal ini akan saya bahas di artikel selanjutnya). Tujuan teknik ini pun sama seperti dua jenis sebelumnya, memperoleh report yang lebih baik terkait kata kunci tersebut.

Panduan pengaturan paid search channel akan kita bahas di kesempatan selanjutnya.

Sekian artikel kali ini,

Terima kasih.

Featured image: Maryanne